....Selamat datang di blog SMP Kristen YSKI Semarang....

Kamis, 20 Januari 2011

Facebook Oke-Lah...

Oleh : Bp. Jusuf Kristiadi, S.Pd.

Siapa sih tidak tahu Facebook…?
Dari anak-anak, orang dewasa bahkan ong tua tentu tahu Facebook.
Facebook sekarang tidak saja dapat dibuka melalui computer, laptop, tapi dengan HP sekarang orang dapat membuka Facebook.
Bila orang dewasa saja mampu dibuat tergila-gila dengan Facebook, terlebih para remaja yang sedang pada masa yang senang berkenalan dan ingin menunjukkan jati dirinya.
Facebook menjadi tempat virtual (arti dari Virtual : sesuatu yang tidak nyata atau khayalan.) sebagai wadah pertemanan yang disukai mereka. Update status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding orang lain bisa sangat mengasyikan dan membuat lupa waktu. Hal itulah yang sering dirasakan para anggota Facebook.
Dengan Facebook, komunikasi dengan lawan jenis bisa sangat akrab, membuat orang sering menceritakan masalahnya kepada orang laindan pada akhirnya saling tertarik walaupun belum tentu seperti yang diharapkan.
Kalian tentu ingat kasus-kasus yang harus berurusan dengan penegak hukum karena terjadi berkaitan dengan tulisan-tulisan mereka di Facebook. Baik itu tulisan yang berbahasa “baik/sopan” tetapi menyangkut nama baik seseorang/perusahaan terlebih lagi bahasa yang “kasar” (bahasa Jawanya : ngonek-ngoneke wong liya / orang lain)
Banyak orang berlomba ingin memiliki teman sebanyak mungkin di Facebook. Hendaknya kita perlu selektif dengan siapa kita akan berteman periksa siapa yang akan kalian ajak berteman atau yang akan mengajak kalian menjadi teman . Karena bisa jadi kalian hanya berteman dengan orang yang bermaksud jahat atau mengirim spam (SPAM adalah tulisan-tulisan Sampah, orang-orang bule bilang Junkmail yang dikirimkan melalui berita elektronik secara berulang-ulang/bertubi-tubi tanpa diminta dan tidak dikehendaki oleh si penerima, tujuannya untuk mengiklankan sesuatu tapi tidak pada tempatnya..) di dinding kalian
Mencantumkan biodata lengkap, bahkan sampai nomor telepon atau alamat rumah dapat memancing orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini karena bila tidak diatur secara khusus, semua orang dapat membaca informasi ini. Dan jika informasi ini digunakan oleh orang yang berniat jahat, maka hal itu dengan mudah dapat dilakukan. Bagikan informasi kalian hanya kepada orang yang benar-benar kalian kenal. Abaikan ajakan pertemanan jika kalian curiga terhadap keanggotaan orang tersebut di Facebook.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ber Facebook

Bahaya yang mengintai dalam penggunaan Internet
Salah satu caranya adalah jangan memberitahukan data pribadi secara lengkap kepada orang yang baru dikenal dan jangan mencantumkannya dalam profil pribadi.

Bergaul secara wajar di dunia maya
Jangan menerima semua orang yang ingin menjadi teman dalam situs jejaring sosial seperti Facebook. Tidaklah penting untuk memiliki teman yang banyak di dunia maya. Karena jika ada orang asing diterima sebagai teman, orang asing ini dapat lebih mudah mengakses profil dan berbagai informasi kalian. Jangan pula telalu akrab dengan teman di Internet atau bahkan menjalin hubungan yang serius hanya karena tertarik pada wajahnya, keahliannya atau hal lain yang belum tentu benar. Memiliki teman di dunia nyata jauh lebih terjamin dibanding berteman dengan orang yang bisa jadi menyembunyikan identitas aslinya di dunia maya.

Disiplin
Perlu mempunyai disiplin dan kesadaran dalam berinternet. Berapa lama kalian akan berinternet dan kapan harus berhenti. Agar kalian dapat membagi waktu dan melaksanakan kewajiban kalian yuitu belajar.

Jagalah Emosi
Belajarlah menuliskan kata-kata yang membangun kepada semua anggota Facebook. Sehingga orang lain akan mendapatkan berkat. Kata-kata “kasar” dapat menyakitkan hati orang lain dan dapat pula membawa kepada masalah lain yang melibatkan pengak hu Perlu mempunyai disiplin dan kesadaran dalam berinternet. Berapa lama kalian akan berinternet dan kapan harus berhenti. Agar kalian dapat membagi waktu dan melaksanakan kewajiban kalian yuitu kum.
Facebook sebagai situs web jejaring sosial memang bisa bermanfaat untuk semua penggunanya. Jika digunakan dengan tepat, Kalian bisa menikmati banyak pertemanan yang positif dan bermanfaat. Namun jangan mengendurkan kewaspadaan , karena dibalik banyak manfaatnya, jika disalahgunakan maka Facebook bisa menjadi bahaya yang menghancurkan kalian. Selalu gunakan Facebook secara bijaksana.

2 komentar: